selamat datang di blog saya :D
Kamis, 27 Oktober 2011
E-COMMERCE

bab 1 pendahuluan
Perdagangan adalah peroses atau kegiatan menawarkan,menjulan,membeli  sesuatu yang berbentuk(barang) atau tidak berbentuk (jasa ) kepada  seseorang yang membuntuhkannya.perdagangan sudah ada dari berabad-abad  lalu,perdagangan di lakukan dari yang langsung menawarkan ke konsumen   sampai dengan menawarkan lewat media televisi meupun radio.sekarang  perdagangan sudah berkembang lebih  memudahkan penggunanya adalah  e-commerce /electronic commerce
Perdagangan elektronik atau e-dagang(e-commerce/electronic  commerce)adalah penyebaran,pembelian,penjualan,pemasaran barang dan jasa  melalui system elektronik seperti internet atau televisi,www,atau  jaringan computer lainnya ,e-dagang dapat melibatkan transfer dana  elektronik,pertukaran data elektronik,sistetem manajemeen inventori  otomatis,dan system pengumpulan data otomatis.
Sasaran e-commerce adalah menciptakan lingkungan komersial yang baru  dalam segala bentuknya di abad elektronik. Dimana beberapa tahap yang  umumnya terdapat diantara penjual dan pembeli dalam transaksi komersial  dapat diintegrasikan sekaligus dan otomatis secara elektronik. Jadi  dapat meminimalkan biaya transaksi. Secara garis besar, e-commerce saat  ini diterapkan untuk melaksanakan aktifitas ekonomi business-to-business, dan business-to-consumer.
sejarah e-commerce
Awalnya perdagangan electronic berarti pemanfaatan  transaksi  komersial, seperti penggunanaan EDI  untuk mengirim dokumen komersial  seperti pesanan pembelian atau invoice secara electronic.kemudian  berkembang  menjadi perdagangan web,yaitu dengan pembelian barang atau  jasa melalui www melalui  server aman (https),protokol server yang  menggunakan enkripsi untuk merasiakan data penting pelanggan.
bab 2 pembahasan
Manfaat  dari perdagangan melalui jaringan elektronik :
- Pelayanan pelanggan yang lebih baik
 - Hubungan dengan pemasok dan masyarakat keuangan yang lebih baik.
 - Pengembalian atas investasi pemegang saham, dan pemilik meningkat.
 
Kendala dari perdagangan melalui jaringan elektronik.
- Biaya yang tinggi
 - Masalah keamanan
 - Perangkat lunak yang belum tersedia
 
Jalan menuju perdagangan melalui jaringan elektronik
- Mengumpulkan intelijen bisnis
 - Membentuk suatu system antar-organisasi(IOS)
 
Strategi perdagangan melalui jaringan elektronik
Dengan menggunakan /membentuk  system antar organiasi(IOS)
Sistem Antar Organisasi / Inter Organization System (IOS)
Suatu kombinasi perusahaan-perusahaan yang terkait sehingga mereka  berfungsi sebagai satu sistem tunggal, yang bekerja sama untuk mencapai  tujuan bersama. Perusahaan yang membentuk IOS disebut mitra dagang atau mitra bisnis.
Manfaat IOS
Para mitra dagang ikut dalam IOS dengan harapan memperoleh manfaat tertentu. Manfaat itu adalah :
- Efisiensi komparatif ; dengan bergabung dalam IOS, para mitra dagang dapat menyediakan barang dan jasa mereka dengan biaya yang lebih murah daripada pesaing mereka. Perbaikan dalam efisiensi ini dapat berasal dari dalam dan berkaitan dengan organisasi lain.
 
- Efisiensi internal, terdiri dari perbaikan-perbaikan dalam operasi itu sendiri sehingga memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan data lebih cepat, menganalisis lebih cepat dan membuat keputusan lebih cepat.
 - Efisiensi antar-organisasi, mencakup perbaikan-perbaikan yang diperoleh melalui kerja sama dengan perusahaan lain.
 
- Kekuatan tawar menawar ; kemampuan suatu perusahaan untuk menyelesaikan perselisihan dengan pemasok dan pelanggannya yang menguntungkan dirinya.Kepuasan itu berasal dari 3 metode dasar :
 
- Keistimewaan produk yang unik.
 - Penurunan biaya yang berhubungan dengan pencarian.
 - Peningkatan biaya peralihan
 
PERTUKARAN DATA ELEKTRONIK (Electronic Data Interchange – EDI)
EDI adalah transmisi data dalam bentuk yang terstruktur dan dapat  dibaca mesin secara langsung dari komputer ke komputer diantara beberapa  perusahaan. EDI biasanya digunakan antara pemasok dan produsen. Namun  sistem ini tidak memiliki fleksibilitas yang cukup memadai untuk  memenuhi tuntutan pasar yang muncul sekarang ini.
Tingkat penerapan EDI :
Tingkat penerapan EDI :
- Pemakai tk. 1 , hanya 1 atau 2 set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang yang terbatas.
 - Pemakai tk. 2 , banyak set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah besar mitra dagang.
 - Pemakai tk. 3, bukan cuma set transaksi yang ditransmisikanke banyak mitra dagang, tetapi aplikasi komputer perusahaan disesuaikan dengan pendekatan EDI.
 
Pemanfaatan EDI
Pemanfaatan EDI di Indonesia nampaknya masih belum mengalami  pertumbuhan dan perkembangan yang signifikan. Masih sangat jarang yang  memanfaatkan system ini sebagai salah satu komponen teknologi informasi.  Dengan EDI ini perusahaan akan lebih mudah dalam melakukan pertukaran  data baik didalam internal organisasi ataupun dengan pihak stakeholder.  Berikut ini ialah keuntungan yang akan didapatkan organisasi jika  menerapkan EDI.
- Penghematan Biaya : Penghematan ini didapatkan karena dengan EDI tidak akan ada biaya kertas, tidak ada biaya penyimpanan dokumen kertas dan tidak akan ada biaya pengiriman dokumen kertas.
 - Kecepatan : Kecepatan ini didapatkan karena dengan EDI leadtime pengiriman dokumen hanya kurang dari 1 menit.
 - Keakuratan : EDI akan mampu menghasilkan tingkat akurasi tinggi karena tidak ada entry data ulang. Selain itu sistem EDI sudah dilengkapi dengan ECC (Error Correction Control) yang akan mengidentifikasi kesalahan dengan cepat sehingga dapat segera diperbaiki.
 - Keamanan : Penggunaan enkripsi dokumen membuat dokumen hampir tidak bisa dipalsukan.
 - Integrasi : Integrasi antar sistem dapat dilakukan dengan perantara EDI. Setiap unit didalam organisasi akan terintegrasi dengan adanya EDI didalamnya sehingga proses menjadi lebih efisien.
 
Tenologi Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik :
- Sambungan langsung , perusahan dapat membentuk jaringan komunikasi data dengan para mitra dagangnya dengan menggunakan sirkuit yang disediakan oleh penyedia telekomunikasi umum.
 - Jaringan bernilai tambah , disediakan oleh penjual yang bukan hanya menyediakan sirkuit tetapi juga menyediakan banyak jasa yang diperlukan untuk menggunakan sirkuit itu bagi EDI.
 
Internet , memungkinkan suatu jaringan  komunikasi global yang tidak hanya menghubungkan para mitra dagang  tetapi juga mencakup para pelanggan
BAB 3 KESIMPULAN
jadi e-commerce  adalah suatu transaksi ekonomi  yang menggunakan  media electronik / secara digital.dengan meningkatnya penggunaan  e-commerce di perusahaan maka akan memudahkan kita dalam melakukan  transaksi ekonomi,penerapan e-commerce itu sendiri dengan melakukan  tranksaksi -tranksaksi langsung kepada mesin.contohnya pembelanjaan    yang di lakukan di situs situs belanja  langsung melakukan pembayaran  dengan mengisi form tersebut dan nomor kartu kredit.
BAB4  DAFTAR PUSTAKA
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2009/12/perdagangan-melalui-jaringan-elektronik/
http://msherawati.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/21330/MINGGU+KE-3+BAB+II+E-Commerce.doc
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar